Selamat Datang Di DatangLagi.com - Terima Kasih atas waktu dan kunjungan anda. | Apabila Website Kami Tidak Bisa Di Buka Dari Browser Anda Mohon Menggunakan Browser Lain Seperti Chrome, Operamini, Uc Browser Atau Lain-Lainnya | Tentu akan mendapat respon dan menguntungkan bagi Website yang berkomentar. Jangan lupa tinggalkan komentar dan pesannya ya..

Begini Padang Sidempuan usai Diterjang Banjir Bandang

Banjir bandang dipicu hujan deras sehingga meluapkan air sungai.

Aparat Polri dan BPBD membersihkan jalanan dan rumah-rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada Senin, 27 Maret 2017. (DATANGLAGI.CO.ID/Putra Nasution)

DATANGLAGI.CO.ID – Lima orang dilaporkan tewas akibat banjir bandang di Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada Minggu malam, 26 Maret 2017.

Selain lima korban tewas, ada empat warga terluka akibat bencana air bah itu. Sebanyak 33 unit rumah hancur, 17 rumah rusak, dan 7 unit kendaraan bermotor hanyut.

Begini Kondisi Padang Sidempuan setelah Diterjang Banjir BandangDATANGLAGI.CO.ID/thumbs2/2017/03/27/58d8c2f86cb2d-begini-kondisi-padang-sidempuan-setelah-diterjang-banjir-bandang_663_382.jpg” title=”Begini Kondisi Padang Sidempuan setelah Diterjang Banjir Bandang”/>

Aparat Polri dan BPBD membersihkan jalanan dan rumah-rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada Senin, 27 Maret 2017. (DATANGLAGI.CO.ID/Putra Nasution)

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, sebanyak 400 orang mengungsi ke kelurahan atau kecamatan tetangga yang tak terdampak banjir bandang itu.

Sedikitnya enam kecamatan yang terdampak, antara lain, Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan Selatan, Padang Sidimpuan Tenggara, Padang Sidempuan Hutaimbaru, Padang Sidempuan Batunadua, dan Padang Sidempuan Angkola Julu.

BPBD juga melaporkan, ratusan murid SD Negeri 22 Kantin Lombang yang berlokasi di Kecamatan Padang Sidempuan diliburkan karena gedung sekolah rusak dan tertimbun lumpur.

Begini Kondisi Padang Sidempuan setelah Diterjang Banjir BandangDATANGLAGI.CO.ID/thumbs2/2017/03/27/58d8c3314584f-begini-kondisi-padang-sidempuan-setelah-diterjang-banjir-bandang_663_382.jpg” title=”Begini Kondisi Padang Sidempuan setelah Diterjang Banjir Bandang”/>

Aparat Polri dan BPBD membersihkan jalanan dan rumah-rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada Senin, 27 Maret 2017. (DATANGLAGI.CO.ID/Putra Nasution)

Aktivitas warga di Padang Sidempuan lumpuh akibat bencana itu. Jalanan dan rumah-rumah warga dipenuhi lumpur dan sejumlah material, seperti kayu, pohon, dan sampah, yang terbawa arus banjir bandang dari hulu.

Empat ratus personel polisi dan petugas BPBD dikerahkan untuk membersihkan jalanan dan rumah warga. Proses pembersihan dibantu dua unit alat berat, lima truk, dan tiga mobil pemadam kebakaran. Soalnya petugas kesulitan membersihkan material banjir itu kalau dengan cara manual.

Dinas Kesehatan setempat sudah mendirikan posko untuk para pengungsi. “Kita dirikan posko kesehatan sebanyak lima posko,” kata Ajun Komisaris Besar Polisi MP Nainggolan, Kepala Subbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut, di Medan, pada Senin, 27 Maret 2017.

Banjir bandang itu dipicu hujan deras sehingga meluapkan air Sungai Batang Ayumi lalu menyapu rumah-rumah di pinggiran sungai pada pada Minggu malam. Warga panik karena air tiba-tiba naik disertai lumpur dan material kayu lalu menerjang rumah-rumah mereka. (hd)