Selamat Datang Di DatangLagi.com - Terima Kasih atas waktu dan kunjungan anda. | Apabila Website Kami Tidak Bisa Di Buka Dari Browser Anda Mohon Menggunakan Browser Lain Seperti Chrome, Operamini, Uc Browser Atau Lain-Lainnya | Tentu akan mendapat respon dan menguntungkan bagi Website yang berkomentar. Jangan lupa tinggalkan komentar dan pesannya ya..

Cara Mudah Menabung untuk Pelajar

Kuncinya cuma satu, disiplin.

DATANGLAGI.COM – Menabung bukanlah hal yang mudah bagi banyak orang, apalagi pelajar. Orang yang sudah berpenghasilan saja terkadang masih susah untuk menyisihkan uang untuk ditabung apalagi seorang pelajar.

Menabung menjadi perkara yang sulit lantaran kebiasaan hidup yang tidak teratur dan sebagainya. Faktor lingkungan juga sangat memengaruhi kebiasaan menabung. Diantaranya jika bergaul dengan kalangan “hits” dan kalangan “anak kekinian”, tentu saja menabung menjadi hal yang sangat sulit. Karena uang yang diterima dari orang tua dihabiskan untuk keperluan nongkrong bersama teman.

Di antara anak boros zaman sekarang, masih ada kok anak yang suka menabung. Bahkan uang yang berhasil ditabung ia gunakan untuk membeli segala keperluan yang dibutuhkan. Misalnya beli handphone baru, baju baru, tas, peralatan tulis, bahkan ada pelajar yang memakai uang tabungannya untuk bepergian ke luar negeri.

Jika dilihat-lihat, menabung sebenarnya bukan hal yang sulit. Hanya dituntut untuk menyisihkan sedikit saja dari jumlah uang yang ada. Misalnya sehari mendapatkan uang jajan Rp50 ribu dari orang tua, bisa langsung menyisihkan sebesar Rp10 ribu – Rp20 ribu per harinya. Langsung dipisahkan di tempat khusus dan jangan digabungkan di dompet. Mudah, bukan?

Memang perkataan tidak semudah pelaksanaan, untuk menghindari omongan yang seperti ini, ada beberapa tips menabung untuk para pelajar. Simak ulasannya dikutip dari cermati.com di bawah ini.

1.Buat rekening tabungan pelajar

Membuka buku rekening tabungan adalah langkah awal yang bisa dilakukan jika memang niat untuk menabung di bank. Bagi yang masih berstatus pelajar bisa langsung datang ke bank yang bersangkutan untuk membuka rekening tabungan.

Tentunya dengan membawa persyaratan berupa bukti identitas diri, misalnya kartu pelajar. Kalau tidak mau repot, bisa langsung meminta orang tua untuk membukakan rekening tabungan.

Sesudah mempunyai buku tabungan, jangan lupa untuk mengisi buku tabungan tersebut setiap bulannya. Dengan rajin menabung setiap bulan, jumlah yang diterima juga semakin banyak. Kalau begini  bisa membeli semua kebutuhan dengan uang yang dimiliki.

2.Buat daftar pengeluaran

Daftar pengeluaran tidak hanya berguna bagi orang yang sudah bekerja saja, pelajar juga perlu memilikinya. Dengan membuat daftar pengeluaran, semakin tahu berapa uang yang dikeluarkan setiap bulannya dan dipakai untuk keperluan jenis apa. Apakah untuk membeli peralatan tulis, membeli bensin, jajan, nongkrong bersama teman, dan lain sebagainya.

Cara ini bisa dilakukan di awal bulan. Jadi sewaktu awal bulan tiba, langsung lakukan pencatatan untuk keperluan selama satu bulan ke depan. Dengan demikian, sudah mempunyai gambaran tentang berapa pengeluaran yang akan terjadi bulan ini. Sehingga akan memudahkan untuk menabung. Jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk keperluan yang tidak pasti terjadi.

3.Bawa bekal dari rumah

Semua orang butuh makan, bukan? Termasuk para pelajar! Belajar dari pagi sampai siang pastilah menguras pikiran dan energi. Untuk memulihkan energi yang terkuras, tentu saja perlu makan. Untuk menghemat uang jajan,  bisa membawa bekal dari rumah. Selain untuk berhemat, makanan dari rumah juga terjamin kebersihan dan kesehatannya.

4.Pulang tepat waktu

Nah, langkah selanjutnya adalah pulang tepat waktu. Banyak pelajar yang tidak bisa menabung karena sewaktu pulang sekolah, ia tidak langsung pulang ke rumah. Melainkan pergi nongkrong terlebih dahulu bersama teman-temannya. Alhasil uang jajan bulanan yang diterima cepat habis. Kalau sudah habis, pasti meminta tambahan lagi kan kepada orang tua?

Untuk menghindari uang bulanan habis di pertengahan bulan, ada baiknya jika bel pulang sekolah berdering, langsung pulang ke rumah. Jika ada teman yang mengajak untuk nongkrong namun tidak mau, tolaklah dengan alasan yang masuk akal dan katakan secara halus.

Namun jangan terlalu sering menolak, karena nanti Anda dianggap kurang bergaul dan sebagainya. Tidak salah jika sesekali menerima ajakan teman, tapi jangan terlalu sering.

5.Lakukan hal positif

Tips hemat ala pelajar terakhir adalah melakukan hal positif, seperti membaca buku, mendengar lagu, menonton Televisi, belajar memasak, jogging dan sebagainya. Aktivitas ini bisa dilakukan jika merasa bosan di rumah. Daripada pergi nongkrong dan menghabiskan uang, lebih baik melakukan hal-hal positif. Dengan demikian, uang bulanan yang tersisa bisa ditabung.

Menabung memang memiliki banyak manfaat. Kebiasaan menabung yang sudah tertanam sejak kecil akan terbawa terus hingga dewasa bahkan tua nanti. (ren)