Sign in

Sign up

  • Home
  • Trending
  • Minta suaka ke Australia, 7 warga China dideportasi dan terdampar di Kupang

Minta suaka ke Australia, 7 warga China dideportasi dan terdampar di Kupang

By on June 14, 2018 0 13 Views

Datanglagi.com – Direktorat Polisi Perairan Polda Nusa Tenggara Timur mengamankan tujuh warga negara asing asal China yang terdampar di selatan perairan Tablolong, Kupang. Kapal yang mereka tumpangi karam.

Hasil pemeriksaan sementara oleh polisi, ke-7 warga negara asing ini ingin meminta suaka ke Australia, namun dideportasi oleh polisi pengaman perbatasan laut negara kanguru itu.

Mereka dipaksa pulang menggunakan kapal yang sudah disediakan. Sementara kapal yang ditumpangi dari Makassar, disita keamanan laut Australia beserta dokumen penting seperti kartu penduduk dan paspor.

“Kita kurang jelas kapan mereka berangkat dari Makassar melakukan perjalanan menuju Australia. sampai di Australia mereka diamankan polisi perbatasan kemudian langsung dilakukan deportasi, dan diamankan pada tanggal 13 kemarin mereka tidak diperbolehkan masuk australia sehingga mereka terdampar di Indonesia,” ungkap Kasat Ronda Pol Air NTT, AKBP Satria, Kamis (14/6).

Menurut AKBP Satria, ke-7 warga negara China ini awalnya menumpang kapal putra tunggal dari Makassar. Namun pihak Australia kemudian menukar kapal itu dengan kapal yang sudah dipersiapkan dan dipaksa kembali ke Indonesia.

“Kapal yang digunakan dari Indonesia, nama kapalnya putra tunggal, selanjutnya oleh kepolisian Australia ditukar semua. Berdasar keterangan sementara dari mereka, paspornya diambil, handphonenya diambil dan untuk kapalnya digantikan dengan kapal yang sekarang diamankan,” ujarnya.

Saat ini ke-7 warga negara China tersebut masih dilakukan pemeriksaan lanjutan. Terkait motif mereka mencari suaka ke Australia. Polisi juga mengamankan kapal yang ditumpangi dari Australia, serta barang bawaan mereka. [noe]