Sign in

Sign up

  • Home
  • Trending
  • Sambut Idul Fitri, ratusan warga muslim Kuta Bali gelar takbir keliling

Sambut Idul Fitri, ratusan warga muslim Kuta Bali gelar takbir keliling

By on June 14, 2018 0 11 Views

Datanglagi.com – Para bocah memakai baju kokoh dan kopiah mulai berbaris rapi. Sedang para gadis kecil pun tak kalah semangat untuk berbaris memanjang, sambil menunggu diberikan obor oleh panitia takbir keliling.

Selepas Isya, mereka sudah datang bersama para orangtua untuk berkumpul di halaman depan Lapangan Samudra, Kuta, Badung, Bali. Mereka berkumpul ingin mengikuti takbir keliling untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang jatuh pada Jumat (15/6) besok.

Setelah obor dibagikan, dengan semangat mereka mulai berjalan kaki sambil bertakbir. Untuk takbir keliling, para warga muslim Kuta memulai dari Jalan Blambangan menuju Jalan Ken Dedes, lalu mengarah ke Jalan Bakung Sari Kuta dan kembali ke Lapangan Samudra.

Penasihat warga muslim Bakungan Kuta, Muhammad Anwar menyampaikan, takbir keliling ini memang dilakukan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha di wilayah Kuta.

“Untuk saat ini, hanya ratusan warga yang mengikuti takbir keliling. Karena saudara kita yang lain banyak yang dari rantau, mereka pada pulang ke kampungnya untuk silaturahmi. Biasanya kalau Idul Adha takbir keliling itu ramai, karena banyak yang tidak pulang atau mudik,” katanya, Kamis (14/6) malam.

Sementara Kepala Lurah Kuta Wayan Dariyana mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan umat muslim di wilayahnya. Dia mengharapkan, takbir keliling ini menunjukkan rasa saling menghormati sesama warga yang berbeda-beda dan tentunya dapat bekerjasama dengan baik.

“Sehingga dengan perayaan takbiran ini, kita bisa menunjukkan di wilayah Kuta masyarakatnya yang beragam bisa menjaga kerukunan itu. Inilah wujud nyata dalam kebersamaan kita, agar senantiasa menjaga keragaman. Harapan kita, harus terus dipelihara kebersamaan ini dan menciptakan suasana yang damai,” tutupnya. [fik]