Sign in

Sign up

  • Home
  • Lifestyle
  • Pelatih Optimistis Salah Main di Piala Dunia, Kok Cepat Ya Sembuhnya?

Pelatih Optimistis Salah Main di Piala Dunia, Kok Cepat Ya Sembuhnya?

By on June 14, 2018 0 5 Views

Mohamed Salah disebut-sebut akan perkuat tim Mesir di Piala Dunia 2018. Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Jakarta – Kamu mungkin masih bisa mengingat momen di mana Mohamed Salah menangis karena cedera usai bertabrakan dengan Sergio Ramos di Final Liga Champions. Saat itu, Asosiasi Sepakbola Mesir menyebut Salah mengalami ligament sprain atau ligamen robek. Dokter timnas Mohammed Abulela mendapat informasi tersebut dari tim medis Liverpool, seperti ditulis ESPN.

Kini, ia justru disebut-sebut berkesempatan untuk memperkuat tim Mesir di piala dunia 2018. Bahkan, ia sudah ikut menonton latihan tim Mesir. Lho kok bisa cepat ya sembuhnya?

Ligamen sendiri merupakan pita-pita keras yang menghubungkan tulang-dengan tulang. Dilansir WebMD, ligamen yang robek biasanya terjadi ketika seseorang terjatuh, terpelintir, atau dipukul sehingga beberapa anggota tubuh tertentu tidak berada pada posisi normalnya.

Ligamen yang robek sendiri dibagi menjadi tiga tingkatan. Tingkatan pertama adalah robekan yang sangat ringan, sedikit, serta tidak mengalami ketidakstabilan pada sendi. Tingkat kedua adalah robekan yang lebih serius namun belum benar-benar robek dan diikuti kelonggaran di sendi. Tingkat ketiga atau yang terakhir kondisi dengan ligamen yang sudah robek secara penuh.

Untuk cedera pada tingkat ringan sampai sedang, seseorang dapat kembali pada mobilitas penuh dalam waktu 3 hingga 8 minggu. Cedera yang lebih parah bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk pemulihan penuh.

Sebelumnya, Egyptian Football Association (EFA) menuliskan dalam postingannya di Facebook bahwa Mohamed Salah kemungkinan tidak akan mengalami cedera yang lama.

“Delegasi tim nasional diberi pengarahan tentang program pemulihan untuk pemain, yang mana sudah berjalan dengan baik dan bertujuan untuk bergabung dengan skuad di Piala Dunia, sejalan dengan keinginan si pemain hebat untuk bergabung dengan rekan-rekan setimnya. Sementara itu, Mohamed Abou El-Ela (salah satu dokter yang menangani Salah) mengatakan bahwa periode ketidakhadiran Salah karena cedera tidak akan melebihi tiga minggu.”

Jika Salah masih belum bisa bergabung untuk pertandingan melawan Uruguay nanti, ia kemungkinan masih bisa muncul di pertandingan melawan Arab Saudi pada 25 Juni mendatang, demikian dikutip The Guardian.

(ask/up)