Pasif dan administratif, kinerja Bawaslu dinilai kurang greget

pasif-dan-administratif-kinerja-bawaslu-dinilai-kurang-greget

Pasif dan administratif, kinerja Bawaslu dinilai kurang greget

Datanglagi.com-Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI), Jerry Sumampouw menilai bahwa Badan Pengawas Pemilu saat ini kurang memberikan efek terhadap apa yang diharapkan publik dalam rangka mengawasi pemilu. Hal ini disebabkan oleh petugas lembaga yang lebih cenderung bekerja secara administratif dan pasif.

“Publik tidak merasa bahwa lembaga ini ada padahal lembaga itu kan dihadirkan untuk kepentingan rakyat. Kepentingan semua orang,” kata Jerry saat ditemui usai diskusi di Auditorium DPP Partai NasDem, Jalan R Soeroso No 44, Gondangdia Lama, Jakarta Pusat, Senin (10/10).

Menurut Jerry, saat ini Bawaslu hanya bekerja dengan cara menunggu laporan saja. Bahkan yang harus melengkapi laporan adalah pelapor.

“Jadi mentalitas petugas-petugasnya begitu atau memang dikondisikan seperti itu. Tidak didesain lebih proaktif,” tambahnya.

Jerry menilai harus ada penguatan kewenangan dari Bawaslu sendiri. Penguatan yang dilakukan bukan dengan cara menambah aparat di lapangan tetapi lebih diutamakan pada kinerja para penyelenggara.

“Karena ada banyak manipulasi pemilu yang selalu bekerja sama dengan penyelenggara jadi aparat dan kewenangan mereka harus diperkuat,” pungkasnya.

Related posts