Musim hujan tiba, waspada flu menyerang kesehatan!

b

b
Datanglagi – Pergantian tahun identik dengan musim hujan yang turun setiap saat. Cuaca yang tidak menentu, udara dingin, dan air hujan yang turun terus-menerus biasanya memicu perkembangan berbagai penyakit. Ada beragam gangguan kesehatan yang sering terjadi ketika musim hujan tiba, salah satunya adalah flu .

Sekilas terdengar sepele, tapi terserang flu bisa mengganggu produktivitas, lho. Yuk, kenali penyakit ini lebih lanjut agar bisa mengatasinya dengan tepat!

Kekebalan Tubuh yang Lemah Rawan Terserang Flu

Flu atau yang juga dikenal sebagai influenza adalah salah satu penyakit menular yang sudah familiar bagi masyarakat. Seseorang rentan terserang flu saat daya tahan tubuhnya melemah. Ada beberapa tanda yang muncul waktu seseorang terserang flu, mulai dari batuk, tenggorokan sakit, sakit kepala hingga rasa nyeri di sekujur tubuh. Pada beberapa kasus muncul juga gejala muntah dan diare.

Penyembuhan Flu Dipengaruhi Oleh Daya Tahan Tubuh

Penyakit flu termasuk ke dalam self limiting disease, itu artinya proses penyembuhan flu bergantung pada daya tahan tubuh penderitanya. Memang ada banyak obat-obatan yang bisa dikonsumsi saat terserang penyakit ini. Tapi, sebenarnya obat tersebut hanya meringankan gejala flu yang dialami. Sementara penyembuhannya sendiri tergantung dari sistem kekebalan tubuh yang dimiliki.

Hidrasi Jadi Faktor Penting Penyembuhan Flu

Ternyata kebutuhan cairan tubuh jadi hal yang penting dalam proses pemulihan flu. Terdengar sederhana, namun ternyata memenuhi kebutuhan cairan tubuh dalam jumlah cukup sangat membantu untuk mengencerkan dahak kental yang menggangu serta mencegah dehidrasi. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa dehidrasi ternyata jadi faktor yang menghambat penyembuhan flu.

Saat flu, tubuh manusia mengeluarkan cairan yang terdiri dari air dan ION, misalnya dalam bentuk keringat atau ingus. Hal ini membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi & menghambat penyembuhan flu. Karena saat dehidrasi tubuh memproduksi zat bernama histamin yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebenarnya, histamin ini berperan juga dalam menjaga kekebalan tubuh. Namun karena tubuh mengalami dehidrasi, histamin “lebih sibuk” mengatur kadar cairan tubuh, daripada menjaga kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh tidak bekerja secara optimal.

Kenali Cara Mencegah Dehidrasi

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah dehidrasi. Karena cairan tubuh terdiri dari air dan ION, maka selalu pastikan untuk konsumsi cairan yang tidak hanya mengandung air namun juga ION yang komposisinya mirip dengan cairan tubuh seperti Pocari Sweat. Selain itu ION juga membuat cairan dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga rehidrasi lebih optimal.

Related posts